Cerita Rakyat yang Ada di balik Wisata Gunung Kidul

Gunung Kidul dulunya adalah hutan belantara, di antara gunung itu ada dua desa yang dihuni oleh orang-orang pelarian pada masa Majapahit. Berikut ini cerita rakyat yang tersimpan di dalamnya dan keindahan wisata daerah Gunung Kidul.

Nimas Ayu di Gunung Kidul

Nimas Ayu adalah gadis jelita yang tinggal di daerah Gunung Kidul. Gadis ini dibenci oleh dua saudari kandungnya dan mereka berencana melenyapkan Nimas Ayu. Rencana pembunuhan dilakukan marena Nimas Ayu dikira perempuan gila karena mampu berinteraksi dengan makhluk halus. Mereka ingin membuang Nimas Ayu ke dalam hutan Gunung Kidul.

Nimas pun dibawa ke sebuah gua dan disuruh masuk ke dalamnya untuk mencari ada atau tidaknya makhluk halus di sana. Setelah Nimas masuk, kedua saudaranya ini meninggalkannya. Ternyata di dalam gua itu ada seekor naga yang akhirnya mengajak Nimas Ayu menikah dengan janji akan membuat rakyat sekitar menjadi sejahtera.

Cerita Dijadikan Pagelaran Budaya

Cerita rakyat ini kemudian selalu dibuat aksi teatrikalnya setiap kali mengadakan acara gelaran budaya di desa Gunungkidul. Acara teatrikal ini memang dikemas dengan ciamik. Acara diramaikan dengan gamelan yang meriah pada adegan masuk ke dalam gua.

Alat yang digunakan adalah rakit untuk pemeran wanita masuk ke dalam gua sebagai Nimas Ayu. Lalu ditarik oleh sejumlah orang keluar dari gua dan ditaburkanlah ribuan kelopak mawar sepanjang area sungai yang ada dekat gua. Pagelaran budaya ini dipercaya sebagai cara menghargai kearifan lokal setempat.

Gua Eksotis Wisata Gunungkidul

Gunung Kidul merupakan bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan berbagai objek wisata yang menarik. Salah satunya ada Gua Langse. Gua ini merupakan objek wisata yang lansekap lautannya begitu memukau. Gua ini menjadi destinasi wisata yang favorit yang letaknya tak jauh dari makam Raja-Raja Imogiri.

Gua lainnya yang bisa dikunjungi saat berwisata adalah Gua Cerme. Gua dengan aura mistis. Anda bisa sampai ke gua dengan melewati jalan setapak selebar lebih kurang satu meter. Lalu melewati track menantang tangga dari kayu dan anak tangganya dari batu kapur dan akar pohon. Di sana nantinya Anda bisa menikmati hamparan luas laut selatan yang birunya sangat indah.

Lokasi Wisata

Anda bisa sampai ke wisata gua ini dengan menempuh jaraknya 31 kilometer dengan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Yogya. Akses menuju ke sana dengan menggunakan kendaraan sampai area parkir lalu berjalan kaki. Cocok buat yang suka wisata alam dengan berbagai tantangan perjalanan.

Wisata Lainnya Telaga Biru Semin

Mumpung masih ada di wilayah Gunung Kidul jangan lewatkan juga wisata Telaga Biru Semin yang dikatakan duplikat Danau Kelimutu. Keindahan telaga ini karena terletak di puncak bukit ngentak. Konon katanya telaga terbentuk dari Pegunungan batu kapur yang ditambang secara terus-menerus, sehingga menyisakan lubang-lubang besar.

Lalu air hujan yang memenuhi lubang-lubang sampai sekian lama air tersebut pun menjadi biru kehijauan. Udara di daerah Gunung Kidul ini sejuk. Sekitar telaga dekat dengan area persawahan yang memberikan kesegaran saat Anda berada di sana. Banyak spot foto yang menarik bahkan sering dijadikan tempat untuk prewedding.

Seru sekali saat kita mengetahui cerita rakyat dari sebuah tempat dan mengunjunginya yang kini menjadi tempat wisata. Kita bisa seakan menerka kejadian yang terjadi dari cerita. Saat Anda datang ke sebuah tempat menanyakan bagaimana cerita yang ada di sana akan memberikan kesan tersendiri. Tak hanya mendapat hiburan tetapi juga wawasan tentang daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *