Berikut 4 Fakta Terbaru Vaksin Sinovac

Untuk bisa memutus rantai penularan covid-19, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang terbaru adalah dengan mendatangkan vaksin virus Corona. Vaksin ini ditargetkan dapat dipergunakan oleh masyarakat dalam upaya membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik.

Berbicara mengenai vaksin virus Corona, baru-baru ini memang ada beberapa merk vaksin yang dikabarkan akan hadir. Namun beredarnya kabar, yang di datangkan adalah vaksin sinovac. Vaksin ini sudah dilakukan uji klinis fase 3 awal di Bandung beberapa waktu lalu. Berikut ini adalah 4 fakta terbaru mengenai vaksin sinovac.

1. Dalam tahap evaluasi

Fakta pertama mengenai vaksin virus Corona yang bernama sinovac ini masih dalam tahap evaluasi. Saat sampai diindonesia pada tanggal 8/12/2020, kepala badan POM serta elemen-elemen terkait sudah melakukan berbagai tahapan evaluasi.

 Standart evaluasi yang menjadi rujukan yakni standart internasional seperti organisasi kesehatan duevaluasi, badan pengawas obat dan makanan (FDA) Amerika serikat, dan badan pengawas obat dan makanan Eropa (EMA). Untuk periksaan awal mengenai suhu penyimpanan selama perjalanan sudah sesuai beserta dokumen dan yang lainnya.

2. Belum dikeluarkan izin edan oleh BPOM

Fakta kedua yang juga harus diketahui mengenai vaksin virus Corona sinovac adalah mengenai izin edar yang belum dikeluarkan oleh Badan POM. Walaupun sudah sampai di Indonesia, vaksin sinovac ini belum bisa didistribusikan, hal itu di karenakan belum adanya izin edan dan penggunaan atau Emergency Use Authorizathion (EUA).

Izin edar ini akan dikeluarkan nanti setelah evaluasi mengenai mutu,keamanan dan dikasi vaksin sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Untuk perkiraan izin edar vaksin ini akan dirilis sekitar pada Minggu ketiga atau keempat Januari 2021.

3. Isi vaksin sinovac

Fakta ketiga mengenai vaksin ini adalah mengenai isi yang terdapat di dalamnya. Vaksin ini dibuat dengan teknologi inactivated virus atau virus yang tidak aktif lagi. Dengan teknologi ini memungkinkan vaksin dikembangkan lebih cepat. Dengan adanya penggunaan teknologi inactivated virus banyak partikel virus yang di matikan sehingga dapat memicu sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

4. Masa kadaluwarsa

Fakta keempat yang juga sangat penting untuk anda pahami mengenai vaksin virus Corona sinovac ini adalah mengenai masa kadaluwarsa. Informasi mengenai kedatangan vaksin virus covid-19 ini memang sudah terdengar di masyarakat walaupun izin edarnya belum dikeluarkan oleh BPOM.

Hal tersebutlah yang akhirnya memicu munculnya pertanyaan dari masyarakat mengenai masa kadaluwarsa vaksin ini. Untuk menjawab keingintahuan tersebut, juru bicara bio Farma sudah menjelaskan bahwa masa kadaluwarsa vaksin ini hingga 3 tahun atau bisa bertahan hingga 2023.

Dengan demikian masyarakat tidak khawatir lagi mengenai masa kadaluarsa nya. Masyarakat tinggal menunggu hasil evaluasi jika memang benar vaksin ini akan digunakan di Indonesia.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai 4 fakta terbaru vaksin sinovac yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Salah satu vaksin yang akan digunakan untuk meminimalisir penularan covid-19. Semoga dengan adanya vaksin ini usaha untuk memutus rantai penularannya bisa segera tercapai.

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas mengenai vaksin virus Corona, vaksin sinovac, serta informasi kesehatan lainnya anda bisa mengunjungi halodoc. Disana tersedia berbagai informasi yang valid dari sumber yang juga sangat terpercaya dan dokter-dokter ahli dari berbagai bidang.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan, semoga membantu dan bermanfaat, sehingga kita semua bisa mengetahui infor terbaru mengenai vaksin sinovac dan informasi kesehatan lainnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *