2 Resep Saus BBQ untuk Anda, Harus Coba!

Saus bbq merupakan saus yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, saus ini memiliki rasa antara asam dan sedikit manis yang berasal dari tomat serta madu atau palm sugar. Kini, untuk mengonsumsi saus ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke restoran. Berikut adalah beberapa resep yang bisa Anda coba di rumah.

1.     Saus Rumahan yang Awet Pemakaian

Resep yang pertama ini merupakan resep yang mudah diikuti namun bisa bertahan lama jika disimpan, jangka waktu penyimpanan hingga 2 bulan jika wadah yang digunakan tertutup dan disimpan di lemari es. Resep yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai topping dari spaghetti, pizza, bahkan sosis bakar.

Bahan yang harus Anda siapkan adalah, 3 siung bawang putih yang telah dicincang kasar, lalu setengah buah bawang bombay yang telah dicincang pula, kecap inggris, saus tomat, gula palem, garam, minyak, lada hitam serta penyedap rasa.

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah menumis bawang bombay serta bawang putih hingga layu dan mengeluarkan bau harum, setelah itu Anda bisa mencampurkan kecap inggris serta saus tomat yang sebelumnya sudah disediakan, kemudian aduk hingga merata, masukkan pula gula palem dan lakukan seperti kecap inggris hingga mendidih.

Selanjutnya, pindahkan saus ke wadah yang tahan panas namun jangan dulu ditutup, biarkan saja hingga dingin lalu blender, setelah halus, masukkan saus ke wadah yang tertutup lalu bisa Anda simpan di lemari es. Anda bisa menggunakannya kapanpun Anda inginkan.

2.     Saus dengan Rasa Korea

Saus ini bisa disebut juga dengan Ssamjang yang memiliki rasa manis, pedah dan memiliki kecenderungan berbau bawang putih ketika dikonsumsi. Saus ini memiliki tekstur yang tidak terlalu kental yang cocok jika digunakan sebagai bahan membakar daging seperti daging ayam, sapi, dan lain sebagainya.

Bahan yang bisa Anda siapkan adalah pasta cabai merah khas korea, pasta kedelai, bawang bombay yang telah dicincang, bawah putih yang telah dicincang pula, cabai hijau, daun bawang yang telah dicincang, cuka apel, madu, minyak wijen, merica hitam dan air yang digunakan untuk pengencer.

Cara membuatnya Anda dapat mencampurkan semua bahan ke dalam wajan lalu Anda tunggu hingga mendidih, setelahnya biarkan dingin terlebih dahulu dan simpan ke dalam wadah yang kedap udara, Anda bisa pula menyimpannya di lemari es agar saus yang Anda buat dapat bertahan lama, jika tekstur yang Anda dapatkan terlalu kental, Anda bisa menambahkan air atau minyak agar teksturnya lebih encer

Demikianlah resep saus yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, jika Anda tertarik dengan artikel sejenis atau bahkan artikel lainnya, Anda dapat dengan mudah mengakses Orami, di sana Anda dapat menemukan berbagai macam artikel yang Anda sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.