4 Tips Sederhana Membersihkan Toilet Agar Lebih Sehat

Toilet umum dengan toilet pribadi sedikit berbeda, untuk toilet umum setidaknya kamu harus membangun kubikal toilet agar kebersihan lebih terjaga. Akan tetapi pada umumnya ada beberapa hal yang harus kamu pelihara agar kebersihan toilet tetap terjaga. Seperti yang kita ketahui bersama toilet merupakan tempat yang mungkin bisa menjadi tempat yang paling kotor dari pada tempat atau ruangan yang lain. Oleh sebab itu di Indonesia sendiri bahkan ada yang menyediakan toilet bersih dengan membayar sejumlah uang hanya agar pengunjung dapat menikmati fasilitas layanan toilet yang bersih dan wangi. Untuk kamu yang ingin membuat toilet bersih dan wangi kamu bisa menerapkan 4 tips sederhana di bawah ini.

1. Menggunakan Konsep Toilet Kering

Di luar negeri mereka sudah banyak yang menerapkan konsep seperti ini. Walaupun toilet biasanya menggunakan air untuk membersihkan kotoran akan tetapi mereka tetap menjaga toilet tersebut tetap kering agar tidak kotor. Salah satu cara yang bisa di gunakan agar toilet tetap kering adalah memisahkan antara WC dan kamar mandi, biarkan ruangan kamar mandi saja yang terkena air akan tetapi usahakan ruangan toilet tetap kering. Kamu juga bisa menggunakan rear wash yang biasa digunakan oleh toilet modern agar dapat membantu ruangan toilet tetap kering. Toilet yang basah dapat menimbulkan becek sehingga dapat terkesan lebih kotor.

2. Membersihkan Sikat Toilet

Kita biasa menggunakan sikat untuk membersihkan toilet, namun sering daripada kita terus memakainya tanpa mencuci secara berkala. Sikat yang digunakan untuk mencuci toilet sangat kotor dan terdapat banyak sekali bakteri apabila kita hanya mencuci sikat tersebut dengan menggunakan air saja. Hal ini tentu berbahaya apabila sikat tersebut digunakan pada tempat toilet duduk yang bersentuhan dengan kulit secara langsung. Untuk membersihkan sikat toilet secara maksimal selepas membersihkan kamar mandi kamu bisa merendam sikat tersebut ke dalam cairan desinfektan selama satu hari agar bakteri di sikat tersebut hilang.

3. Menggunakan Perlengkapan Kebersihan

Tidak jarang kita menggunakan cairan yang memiliki kandungan yang berbahaya bagi kulit dalam membersihkan toilet. Cairan tersebut biasa digunakan pada dinding atau sisi yang memiliki kotoran yang sulit untuk di hilangkan. Oleh sebab itu menggunakan perlengkapan kebersihan seperti sarung tangan karet dan sepatu boots akan sangat membantu untuk mencegah cairan keras tersebut mengenai kulit secara langsung. Dalam kondisi tertentu, kulit yang terkena cairan pembersih akan terasa gatal dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit.

4. Bersihkan Secara Berkala

Karena digunakan hampir setiap hari, kamar mandi sangat rentan untuk kotor. Membersihkan kamar mandi dalam kurun waktu tertentu adalah cara terbaik dalam menjaga kualitas dan juga kebersihan kamar mandi. Kamar mandi yang bersih dan sehat akan membuat lingkungan rumah lebih sehat.

Kamar mandi sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan penghuni tempat tersebut. Selain kebersihan kamar mandi, kualitas air juga mempengaruhi. Oleh sebab itu selalu gunakan filter air agar kamu bisa mendapatkan kualitas air yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *